Cara Menghemat Listrik Rumah Anda, Mungkin terdengar berlebihan, tapi jika tidak mulai dari sekarang kemungkinan pengeluaran anda akan membengkak, terlebih lagi jika Pemakaian Listrik di rumah anda terlalu boros.

Berikut ini tips sederhana 10 Cara Menghemat Listrik Rumah Anda yang sekiranya dapat menjadi refernsi anda dalam menghemat listrik ūüôā :

1. Saat pagi hingga siang hari maksimalkan penerangan rumah anda dengan cahaya matahari, matikan lampu-lampu yang masih hidup dan buka jendela ventilasi udara agar cahaya matahari bisa dengan leluasa masuk ke rumah anda menjadi penerangan gratis, terkecuali jika cuaca mendung lho ya :).

2. Gunakan lampu penerangan ber-daya rendah pada area di rumah anda yang tidak membutuhkan sinar terlalu terang, penggunaan daya lampu berpengaruh pada konsumsi energi listrik, jadi jangan buang energi yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

3. Jika dimungkinkan sebaiknya gunakan kipas angin sebagai pendingin ruangan daripada AC, karena pemakaian konsumsi listrik AC (AirConditioner) sangat besar.

4. Disiplin untuk mematikan lampu saat tidak digunakan atau saat meninggalkan ruangan, sikap teratur dan disiplin dalam mematikan penggunaan lampu penerangan yang tidak digunakan meski sederhana tapi lama-kelamaan dapat membawa pengaruh besar bagi anda dalam penghematan penggunaan listrik.

5. Mengatur Timer (pengatur waktu) televisi pada malam hari agar tv anda tidak terus hidup jika anda tertidur dan lupa mematikan tv.

6. Mengatur posisi komputer anda pada posisi Hibernate atau Standby jika anda sedang meninggalkan ruangan kerja atau komputer anda untuk beberapa saat, Untuk mengatur komputer dalam posisi Hibernate atau Standby silahkan klik Start-Turn Off Computer ‚Äď Pilih Hiberbate atau Standby.

7. Menanam pohon dan tanaman disekitar perkarangan rumah untuk menciptakan iklim sejuk, dengan iklim yang sejuk Anda akan terbiasa mengurangi pemakaian penyekuk udara seperti kipas angin dan AC.

8. Jika menggunakan Dispenser atau Water Heater sebaiknya biasakan dicabut dayanya jika sedang tidak digunakan. Pemanas akan memakan energi listrik yang lumayan besar.

9. Lebih baik menggunakan satu lampu besar penerang ruangan daripada menggunakan banyak lampu untuk menerangi ruangan.

10. Jika anda menggunakan microwave. sebaiknya Masak atau panaskan beberapa makanan sekaligus untuk menghemat energi listrik.

Sekian tips dari saya mengenai 10 Cara Menghemat Listrik Rumah Anda, sekiranya dapat berguna bagi Anda.

MENGHEMAT LISTRIK (Part 2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat